Formulir pendaftaran online PPDB SMA Maarif Sukorejo tahun pelajaran 2024-2025
Sejalan dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi (IT), proses pembelajaran di SMA Maarif Sukorejo tidak boleh hanya terkungkung dalam tempurung wawasan yang sempit. Generasi muda Indonesia saat ini merupakan anak zaman, generasi global yang terkoneksi dengan dunia internasional melalui perangkat teknologi. Namun dalam proses pembelajaran sehari-hari, pendidikan karakter dan moral tetap menjadi basis utama, sebagai identitas kultur Islami beraliran ahli sunnah wal jamaah sehingga setiap kegiatan akademik tetap senantiasa diwarnai nuansa agamis dan kultur kearifan lokal.
Melalui proses kerjasama, kolaborasi, kreatifitas dan dedikasi tinggi senantiasa menjadi prioritas utama kegiatan akademik untuk menjaga semangat nyala api belajar peserta didik dan pendidik. Kerjasama yang hangat dan semangat juang yang tinggi telah menciptakan individu berkepribadian baik, memiliki norma dan nilai, trampil, bermoral, serta kaya akan pengetahuan akademik.
Pembelajaran humanistik selalu mendorong peningkatan kualitas diri manusia melalui penghargaan terhadap potensi-potensi fitrahnya, dalam hal ini segala potensi positif yang ada pada setiap insan.
Pembelajaran PBL (project based learning) memberikan kesempatan pada peserta didik untuk memperdalam pengetahuan sekaligus mengembangkan kemampuannya melalui kegiatan problem solving dan investigasi
Program rutin membaca Al Quran sebelum pembelajaran setiap hari mewujudkan suasana belajar dan proses belajar, agar peserta didik memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian dan kecerdasan berakhlak mulia.
Perpustakaan sekolah yang kohesif, diatur secara sistematis menurut sistem tertentu, sehingga mampu berfungsi sebagai sumber belajar secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan.
Pendidikan harus pula mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat bersaing di dunia global. Sekolah telah melengkapi sarana prasarana dengan teknologi informasi yang memadai sebagai salah satu upaya untuk menghadapi perkembangan tuntutan zaman digital.
Praktikum pembelajaran IPA untuk mengembangkan ketrampilan dasar eksperimen dan wahana belajar pendekatan ilmiah. Kegiatan ini melatih ketrampilan proses meliputi : mengamati, menafsirkan, mengklasifikasikan, menggunakan alat/bahan, menerapkan konsep, merencanakan percobaan, berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan kreatif.
Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajarn melalui praktek lapangan ini membuat para peserta didik dapat lebih mudah memahami atau menguasai materi, karena dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di masyararakat secara langsung, serta peserta didik dapat menambah pengalaman, dengan pengalaman peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat materi yang telah di dapat.
Pelatihan elektronika dasar ini bertujuan membekali peserta didik tentang konsep dan keterampilan praktek dasar berwirausaha di bidang elektronika.
Pelatihan ini membekali peserta didik ketrampilan membuat instalasi listrik rumah tangga atau industri kecil yang memenuhi prinsip aman, handal, mudah, ramah lingkungan, ekonomis, dan keindahan.
Pelatihan tata busana ini bertujuan membekali peserta didik ketrampilan dapat menjahit pakaian pria dan wanita lengkap dengan teknik mengukur, membuat desain dan membuat pola dengan memperhatikan estetika busana serta mampu menggunakan berbagai jenis mesin jahit berikut perawatannya.
Pelatihan teknik mesin sepeda motor ini membekali peserta didik dapat menganalisa kerusakan pada kendaraan bermotor, serta memiliki kemampuan merawat atau memperbaiki kerusakan sepeda motor baik mesin maupun sistem listriknya.
Pelatihan administrasi perkantoran membekali peserta didik dapat melaksanakan pekerjaan yang dibutuhkan administrasi perkantoran. Selain itu diharapkan mampu mengembangkan kemampuan diri secara mandiri untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi mengikuti perkembangan dunia industri era 4.0
Bahasa Inggris
Biologi
Komputer